Rabu, 26 Januari 2011

DISKRIPSI LAPORAN RPP

           Dalam tugas ke dua ini mahasiswa membuat RPP semester satu kelas satu SMA dengan menekankan pada pengembangan media yang sesuai dengan model maupun metode pembelajaran yang digunakan serta disesuaikan juga dengan materi dalam SK-KD yang tercantum.
          Sk di dalam RPP yang terlampir adalah “memahami konsep, pedekatan, prinsip, dan aspek geografi” dengan KD “Menjelaskan pendekatan geografi” dan Indikator Menjelaskan pendekatan keruangan, Menjelaskan pendekatan ekologi, Menjelaskan pendekatan kompleks wilayah. Model pembelajaran yang digunakan pada RPP adalah Reciprocal Learning dengan Metode Pembelajaran Ceramah, Diskusi, dan Tanya jawab. Inti kegiatan model pembelajaran Reciprocal Learning ada 4 poin, yaitu: bertanya, memprediksi, mengklarifikasi, dan merangkum. Dalam kegiatan belajar pembelajaran ini diharapkan siswa mampu menguasai karakter Kerja sama, Percaya diri, Cerdas, Tanggung jawab, Kritis, dan Displin.
         Untuk menumbuhkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada KD “Menjelaskan pendekatan geografi” diperlukan media sederhana yang dapat membantu untuk penyalurkan pesan/materi kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terlampir pada RPP. Media yang sederhana tersebut adalah media presentasi powerpoint pop-up menu dengan gambar dan teks. Tampilan media presentasi power pop-up menu yang cepat dan disertai dengan gambar-gambar yang menarik ini bertujuan untuk mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, dan tidak membosankan. Selain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah terlampir di RPP tujuan penggunaan media power pop-up menu dengan gambar-gambar nyata atau keadaan sebenarnya yang nantinya akan ditampilkan pada slide-slide yang telah runtut diharapkan siswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di sekolah dengan kondisi lingkungan tempat tinggalnya.

2 komentar: